Menu Click to open Menus
Home » Berita » Ada Motif Apakah HOAX KPU Curang dari Sebuah Foto Profesor Tokuda yang Viral di Facebook?

Ada Motif Apakah HOAX KPU Curang dari Sebuah Foto Profesor Tokuda yang Viral di Facebook?

(510 Views) June 23, 2019 2:21 am | Published by | No comment

Jakarta – Headline News – Media sosial belum lama ini heboh dengan sebuah unggahan di Facebook pada Jumat (21/6/2019).

Unggahan itu muncul dengan menyertakan foto seorang laki-laki tua yang disebut sebagai Prof Tokuda dari Jepang tersenyum sembari memegang sebuah kertas berisi angka-angka perolehan suara yang katanya dia memegang sebuah bukti kecurangan KPU dalam pemilu kemarin.

Perolehan suara yang tertulis di kertas itu katanya menunjukkan keunggulan untuk paslon 02 , Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang berada di angka 61 persen, dan pasangan calon Joko Widodo-Ma’ruf Amin tertinggal di angka 39 persen.

Bagaimana bisa ?

Ceritanya Prof Tokuda dianggap sebagai seorang ahli demokrasi dari Jepang yang merasa bersalah karena pendahulunya telah menjajah Indonesia. Untuk itu, ia berbaik hati berdedikasi dan berniat membantu Indonesia yang saat ini dianggap tengah berada di bawah jajahan negara China.

Prof. Tokuda (84) terseyum ketika memperlihatkan data kecurangan KPU.
Beliau mengatakan “Prabowo?????????????” (Prabowo wa Dikku o motte imasen) yang artinya Prabowo adalah Harimau Perkasa yang belum bangkit.

Ia memperlihatkan bahwa Prabowo (61%) adalah pemenang asli dari pilpres di Indonesia mengalahkan Jokowi (38%).
Tak lupa pula ia mencantumkan#PrabowoWithoutDick2019 di akhir dokumennya

Bagi yang belum tau Prof. Tokuda adalah ahli Demokrasi di Jepang, sejak kecil ia merasa bersalah karena kakek neneknya dulu menjajah Indonesia. Di usianya yang tidak lagi muda (84 tahun) ia ingin menolong Indonesia agar tidak dijajah oleh China.
Semoga ia diberikan umur panjang dan sehat selalu Amin.

Setelah ditelesuri ternyata sosok laki-laki itu diketahui sebagai sosok pemeran film dewasa asal Jepang, yang bernama Shigeo Tokuda (84), bukanlah seorang profesor atau ahli demokrasi sebagaimana dituliskan dalam unggahan yang sudah dibagikan lebih dari 8.300 kali tersebut.

Dan pada kenyataannya gambar Shigeo Tokuda yang memegang selembar kertas putih berisi tulisan tangan dan diagram hasil perhitungan suara adalah bohong atau palsu karena foto itu hanya hasil editan semata.

Sebuah Media yang populer di indonesia yaitu Kompas.com mencoba menelusuri asal mula gambar itu menggunakan tools untuk pencarian gambar atau reverse image, dan menemukan gambar dalam versi aslinya dari Getty Images.

Dan pada kenyataannya Shigeo Tokuda bukanlah memegang selembar kertas berisi hasil rekapitulasi suara di Indonesia, melainkan selembar poster dirinya tengah memerankan adegan dewasa.

Dari keterangan foto yang dapat diakses media Kompas.com tersebut, foto tersebut ternyata diambil oleh Yoshikazu Tsuno dan sempat dijual di Getty Image seharga 499 Dolar.

Foto itu diambil di sebuah toko video di Tokyo pada waktu 5 Maret 2009. Dia tersenyum sambil menunjukkan salah satu poster videonya.

Jadi berita di Media Sosial mengenai sosok Profesor Tokuda yang Ahli Demokrasi Jepang adalah hoax semata.Netizen Indonesia banyak mengenalnya sebagai Kakek Sugiono bintang film porno.

Entah apa yang melatar belakangi penyebutan nama ini, apakah hanya sebagai iseng belaka atau ada unsur lainnya.

Berita ini sudah pernah tayang di media online Kompas.com

Reporter : Luq

Categorised in: ,

No comment for Ada Motif Apakah HOAX KPU Curang dari Sebuah Foto Profesor Tokuda yang Viral di Facebook?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *