Menu Click to open Menus
Home » Berita » Bisnis » Aryo Danudoro : Penjualanan Apartmen di Area Jakarta Pada Kuartal III/2019 Masih Mengalami Tekanan

Aryo Danudoro : Penjualanan Apartmen di Area Jakarta Pada Kuartal III/2019 Masih Mengalami Tekanan

(334 Views) July 14, 2019 3:13 pm | Published by | No comment

Jakarta – Headline News – Penjualan sektor Properti khususnya Apartmen sampai pada kuartal ke III di tahun 2019 ini masih belum mengalami perbaikan.

Pada saat ini pasar cenderung terlihat masih menunggu momentum yang tepat untuk dapat melakukan pembelian.

Walaupun pemerintah sudah Mencoba memberikan stimulus dengan menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 86/PMK.010/2019, tentang perubahan atas PMK Nomor 35/PMK.010/2017 prihal jenis barang kena pajak tergolong mewah selain kendaraan bermotor yang dikenai pajak penjualan atas barang mewah, dimana untuk pembelian apartmen yang sebelumnya yang memiliki nominal harga jual sebesar Rp 10 Miliar atau lebih sudah termasuk ke dalam kategori barang mewah dan saat ini naik menjadi Rp 30 Miliar.

Untuk Pemesanan Franchise Hubungi : 081806227608

Tingkat penjualan yang rendah ini lebih banyak disebabkan oleh faktor dimana hampir 80% pembeli apartmen di wilayah Jabodetabek merupakan investor dibandingkan dengan para End User (red- pemakai langsung).

Pasca selesainya musim politik yang berjalan stabil, belum juga mampu mendorong para investor untuk melakukan investasi di bidang properti.

Menurut Senior Associate Director research Colliers Ferry Salanto, rendahnya minat investasi ke hunian apartment saat ini disebabkan oleh hasil investasi ke Apartment yang lebih rendah dibandingkan dengan produk investasi surat berharga dan deposito.

Sebagai contoh untuk ORI 015 yang menawarkan imbal hasil 7% dan deposito dengan tenor 1 bulan hingga 1 tahun dengan bunga 6,5% sedangkan untuk investasi di apartment imbal hasil yang ditawrakan saat ini rata rata hanya sebesar 5,5%.

Meski demikian, dengan adanya kebijakan Loan To Value (LTV) oleh Bank Indonesia, dapat menjadi salah satu faktor pendorong untuk menambah pertumbuhan penjualan hunian apartmen di Indonesia.

Situasi Wait and See dari para investor ini masih akan berlangsung hingga kuartal ke IV di tahun ini, dan diharapkan dengan seiring membaiknya situasi makro ekonomi Indonesia dan juga didukung oleh regulasi dari pemerintah dapat membawa dampak postif bagi perkembangan properti ke depannya.

Reporter : Richter

Categorised in: ,

No comment for Aryo Danudoro : Penjualanan Apartmen di Area Jakarta Pada Kuartal III/2019 Masih Mengalami Tekanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *