Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » BPIP RI : SOSIALISASI MENGGALI MUTIARA PANCASILA DAN TUMBUH KEMBANGKAN SEMANGAT GOTONG ROYONG

BPIP RI : SOSIALISASI MENGGALI MUTIARA PANCASILA DAN TUMBUH KEMBANGKAN SEMANGAT GOTONG ROYONG

(249 Views) September 1, 2019 5:54 pm | Published by | No comment

JAKARTA, HEADLINE NEWS – Terkait dengan arti dan makna Pancasila sebagai lambang negara serta refleksinya di lingkungan masyarakat, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar diskusi publik yang berlokasi di Hotel Mega Proklamasi, Jakarta Pusat. Minggu (01/09).

“Para Pecinta Tanah Air Indonesia, Bumi Pertiwi yang Indah. Mari bersama sama merefleksikan Pancasila di nadi kita dan di kehidupan serta lingkungan kita,” ujar Elfrida Herawati Siregar (Direktur Hubungan Antar Lembaga dan Kerjasama BPIP) diawal sambutannya.

Dalam acara yang mengusung tema “Menjalin Kerjasama dengan Organisasi Masyarakat (Ormas) Melalui Gali Mutiara Pancasila dan Tumbuh Kembangkan Semangat Gotong-Royong Bersama Ormas di Kawasan Jabodetabek” dan dimoderatori oleh Bayu Neneng Wahyuni, seorang Penggiat Pancasila untuk anak usia dini ini menghadirkan narasumber, diantaranya adalah :

  1. Dr. Lia Kian (Staf khusus Dewan Pengarah BPIP)
  2. Elfrida Herawati Siregar (Direktur Hubungan Antar Lembaga dan Kerjasama BPIP)
  3. Muhammad Hanif Alusi (Deputi Sekretariat Nasional JPPR)

Berdirinya bangsa ini tidak hanya tiba-tiba langsung terjadi, akan tetapi melalui beberapa tahapan panjang, perjanjian-perjanjian. “Pak Jokowi dengan penhasilan suara 88% lebih bagus bagi demokrasi Indonesia. Kenapa ? karena jika kita melihat hasil Pilpres dan pileg tahun 2019 kemarin jumlah surat suara tidak sah untuk Pilpres itu hanya 2% Sedangkan untuk pileg jumlah surat suara tidak sah nya itu hampir 11% sekitar 17 juta surat suara tidak sah. Bagaimana mungkin jumlah surat suara tidak sah ?” ungkap Muhammad Hanif Alusi, Deputi Sekretariat Nasional JPPR.

Pemilu legislatif bisa memilih Presiden yang nantinya dan bagi saya itu sangat menghilangkan asas kerakyatan yang mana rakyat bisa langsung memilih pemimpinnya Jokowi sudah mengikuti pendapatnya bahwa beliau menolak kalau misalnya pemilihan presiden langsung di karena beliau mengadakan pemilihan langsung.

“Jadi kita teman-teman, Pemilu itu kalau misalnya nanti Pemilihan Presiden melalui MPR. Pemilu 2019 kemarin nilai-nilai masyarakat itu ada karena semua akses informasi langsung dipegang oleh masyarakat kita. Tapi ketika kita mendapatkan informasi, janganlah kita cepat langsung merasa benar, kita harus cek N ricek kebenaran informasi tersebut dan sebagainya, jangan sampai kita menerima informasi itu yang hoax, akibatnya nanti akan menjadi hilang dan menjadi lunturnya nilai-nilai Pancasila,” lanjut Hanif.

Beberapa pengertian tentang Pancasila, antaralain :

  1. Sebagai Sumber dari segala Sumber Hukum, yang mana berisi nilai-nilainya berdasarkan pada UUD 1945 Republik Indonesia.
  2. Sebagai Dasar Negara, Philosophische Grondslag Indonesia Merdeka.
  3. Sebagai Ideologi Negara, Sistem ide negara yang berisi cita-cita dan metode untuk menggerakkan masyarakat.
  4. Sebagai Weltanschauung, seperangkat prinsip, keyakinan, pandangan (wordview) dalam masyarakat yang harus diperjuangkan.
  5. Sebagai Meja Statis dan Leitstar Dinamis, Common Denominator dan Orientasi atau cita-cita bangsa dan negara.

Wartawan Peliput : Putri.

Categorised in:

No comment for BPIP RI : SOSIALISASI MENGGALI MUTIARA PANCASILA DAN TUMBUH KEMBANGKAN SEMANGAT GOTONG ROYONG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *