Menu Click to open Menus
Home » Pendidikan » Daftar Sekolah Negeri Dipersulit, Banyak Anak Terancam Putus Sekolah

Daftar Sekolah Negeri Dipersulit, Banyak Anak Terancam Putus Sekolah

(271 Views) July 3, 2019 10:20 pm | Published by | No comment
Contoh Kondisi Tempat Tinggal Salah Satu Siswa Didik Tidak Mampu (keluarga miskin).

SURABAYA, INDONESIA HEADLINE NEWS – Pendaftaran peserta didik baru 2019 menggunakan zonasi di Kota Surabaya, terkesan tidak berpihak kepada keluarga mampu.

Pasalnya, tanggal 11 Juni-15 Juni 2019 warga tidak mampu diberikan kesempatan untuk melakukan pendaftaran dan ternyata ditolak oleh Karyanto selaku Kepala Bidang pendaftaran SMA/SMK Kota Surabaya.

Hal ini pun diungkapkan oleh Saudah orang tua siswa tidak mampu yang bertempat tinggal di Jalan Kapasari melalui by phone, “kami awalnya mendaftar melalui pendaftaran online, namun pendaftaran tersebut ditolak karena jarak tempuh rumah dengan sekolah jauh,” ujar Saudah.

Lanjut, “Lalu kami pun berinisiatif langsung menuju ke sekolah SMA Negeri tersebut, akan tetapi kami diarahkan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Surabaya. Setelah kami ke kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Surabaya, kami ditemui oleh Pak Karyanto yang membidangi PPDB SMA/SMK Negeri Surabaya dengan menunjukkan KIP dan surat keterangan tidak mampu, akan tetapi oleh Pak Karyanto ditolak dengan alasan pagu sudah penuh dan diarahkan ke sekolah SMA swasta,” tuturnya dengan nada kecewa.

“Pertanyaan saya sebagai orang tua tidak mampu, apa saya sebagai orang tidak mampu lantas anak saya tidak diberi kesempatan bersekolah di SMA/SMK Negeri sesuai impian dan cita-cita dari anak saya, mas. Saya sedih mas, melihat anak saya mengalami depresi berat gara-gara tidak bisa masuk ke sekolah negeri,” ungkapnya pada awak media.

Dengan adanya keluh kesah dari warga tidak mampu tersebut, selaku media perantara, berusaha konfirmasi dan menghubungi Indah (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan) Provinsi Jawa Timur bagian penerimaan PPDB SMA/SMK.

Dalam pembicaraan by phone Indah mengatakan, “warga tidak mampu sudah diberi kesempatan tanggal 11 Juni -15 Juni 2019 untuk melakukan pendaftaran dengan membawa bukti kartu KIP atau pun SKTM dan keluarga tidak mampu seleksinya bukan berdasarkan jarak dan divisitasi oleh sekolah,” katanya.

Saat konfirmasi dengan Indah, awak media ini sedikit menyinggung mengenai Karyanto bagian penerimaan PPDB SMA/SMK Negeri Kota Surabaya, namun reponnya terkesan menyalahkan orang tua calon siswa-siswi tidak mampu dan tidak ada rasa kepedulian terhadap kelangsungan pendidikan anak yang telah diatur oleh Undang-Undang Dasar 1945.

Ditempat terpisah, Katarina Staff Ahli Kemendikbud mengatakan, “kalau ada KIP harusnya bisa mendaftar di sekolah negeri, karena pemegang KIP tidak boleh putus sekolah,” katanya.

Contoh Bukti Berkas Salah Satu Siswa Didik Baru Dengan Nilai Prestasi Bagus, Tapi Tak Bisa Masuk Sekolah Negeri.

Menyikapi permasalahan PPDB warga tidak mampu mendaftar menggunakan kartu KIP mau pun surat keterangan tidak mampu antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Surabaya berbeda sudut pandang dengan Kemendikbud dan adanya permasalahan PPDB banyak sekali warga tidak mampu di Kota Surabaya merasa dirugikan. Semua ini harus diluruskan, agar warga tidak mampu dapat mengenyam pendidikan di sekolah negeri. (putri).

Categorised in:

No comment for Daftar Sekolah Negeri Dipersulit, Banyak Anak Terancam Putus Sekolah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *