Menu Click to open Menus
Home » Bencana Alam » DPD Korps Alumni KNPI Jakarta Gelar Study Kasus Terkait Bencana Banjir Awal Tahun 2020

DPD Korps Alumni KNPI Jakarta Gelar Study Kasus Terkait Bencana Banjir Awal Tahun 2020

(135 Views) January 18, 2020 9:35 pm | Published by | No comment

JAKARTA, HEADLINE NEWS – Bencana banjir yang melanda hampir seluruh wilayah DKI Jakarta baru-baru ini, menjadi bahan perbincangan masyarakat di awal tahun. Terkait peristiwa bencana alam tersebut, Korps Alumni KNPI DKI Jakarta menggelar Diskusi Publik dengan mengusung tema “Banjir Dan Manajemen Bencana (Jakarta sebagai Studi Kasus)”, bertempat di Aula Gedung KNPI DKI, Jl. Velodrome No. 3, Rawamangun, Jakarta Timur. Sabtu malam (18/01).

Hadir sebagai narasumber antaralain Ariza Patria (Komisi V DPR-RI), Ir. Jarot Widyoko Dirjen SDA (Dir Sungai dan Pantai) Kementerian PUPR RI, Yusmada Faisal (Asisten Pembangunan Provinsi DKI Jakarta), Yayat Supriatna (Pengamat Perkotaan), Perwakilan Walikota Depok, Perwakilan Walikota Tanggerang Selatan, Walikota/Bupati Bogor, Sudarsono perwakilan Pemerintah Kota Bekasi, Perwakilan Pemerintah Tangerang. Dan M. Taufik (Ketua DPD Korps Alumni KNPI DKI Jakarta) sebagai keynote speaker.

Dalam sambutannya, Jarot mengatakan bahwa dalam mengatasi banjir Provinsi DKI Jakarta tidak bisa bekerja sendirian, melainkan perlu bantuan dari Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian PUPR.

“Kementerian PUPR punya solusi untuk mengeliminir banjir terutama atas ancaman dari hulu dan laut. Dari hulu kita buat waduk dan bendungan. Dibawahnya kita buat sodetan. Sedangkan untuk menangkal ancaman banjir dari laut kita membangun tanggul pantai. Saat ini kita dan Pemprov DKI telah membangun tanggul pantai sekitar 10 km, bila perlu kita bangun sepanjang 20 km,” ungkapnya.

Dan menurut Jarot, solusi untuk mencegah banjir sekaligus menyimpan air sebagai cadangan, air harus dialirkan ke bumi.

“Kita harus membangun bipori untuk menyimpan air yang bisa dipakai sewaktu-waktu saat musim kemarau,” ujarnya.

Dari pantauan awak media di lokasi, tampak hadir para Pengurus Dewan Pimpinan Daerah Korps Alumni KNPI DKI Jakarta, Keluarga Besar Alumni KNPI DKI Jakarta, Pengurus DPD KNPI DKI Jakarta, Pengurus DPD II KNPI Se-Jakarta, Pimpinan organisasi kepemudaan & Ormas se-Jakarta, Akademisi, Tokoh Masyarakat dan Aktivis.

Reporter : Putri.

No comment for DPD Korps Alumni KNPI Jakarta Gelar Study Kasus Terkait Bencana Banjir Awal Tahun 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *