Menu Click to open Menus
Home » Headline » Gedung KPK Dan DPP PDIP Digeruduk Massa PAHAM Jakarta

Gedung KPK Dan DPP PDIP Digeruduk Massa PAHAM Jakarta

(176 Views) January 10, 2020 4:10 pm | Published by | No comment
Aksi Demo Persatuan Aktivis Hukum Jakarta (PAHAM Jakarta) di depan gedung KPK dan di depan gedung DPP PDIP Jakarta. Jumat (10/01).

JAKARTA, HEADLINE NEWS – Ratusan massa yang menamakan diri “Persatuan Aktivis Hukum Jakarta Menggugat (PAHAM Jakarta)” menggelar aksi demonstrasi di dua titik lokasi yakni depan gedung Merah Putih atau gedung KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) Kuningan, Jakarta Selatan dan di depan DPP PDIP Jakarta Pusat. Jumat (10/01).

Dalam tuntutannya, mereka mendesak lembaga tersebut untuk segera mengusut tuntas dugaan kasus penyuapan penetapan anggota DPR terpilih periode 2019-2024 yang diduga melibatkan Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

“Kami mendesak KPK untuk menjemput paksa Sekjen PDI Perjuangan yang diduga terlibat dalam kasus suap PAW salah satu anggota DPR dari PDI Perjuangan,” seru salah satu orator dengan lantangnya.

Berikut isi tuntutan dari Persatuan Aktivis Hukum Jakarta (PAHAM Jakarta) :

  1. Mendesak KPK untuk Menjemput Paksa Hasto Kristiyanto, yang diduga turut terlibat dalam kasus Suap senilai 200 – 900 juta, demi memuluskan PAW salah satu caleg PDIP yakni Harun Masuki sebagai Anggota DPR RI, sebagaimana OTT salah satu Komisioner KPU yakni Wahyu Setiawan.
  2. Mendesak Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri untuk segera memecat Sekjen PDIP yang diduga kuat terlibat dalam Kasus OTT Wahyu Setiawan (Komisioner KPU) yang mana telah mendapatkan surat
    terkait permohonan dari Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto untuk menggantikan almarhum Nazarudin Kiemas yang merupakan caleg terpilih dapil 1 untuk diserahkan kepada Harun Masuk yang bukan pemenang.
  3. Mendesak Presiden RI untuk segera menyurati Ketua Umum PDIP dalam rangka pemecatan dan menyerahkan Sekjen Hasto Kristiyanto demi nama baik PDIP dimata masyarakat Indonesia, selaku Partai Pemenang Pemilu yang diamanatkan oleh rakyat dan dalam rangka berjalannya proses hukum yang dimaksud, yang mana dikhawatirkan akan mengganggu setiap rekomendasi partai ataupun terhadap setiap kader yang ingin mencalonkan dirinya sebagai kepala daerah pada pilkada serentak April 2020 nanti.
  4. Bilamana Sekjen PDIP tidak dipecat dan tidak diserahkan ke KPK, maka kami pastikan dugaan kuat ada keterlibatan Ketua Umum PDIP dalam hal melindungi atau mem-back up Sekjen tersebut.

Sebelumya, KPK sudah resmi menetapkan Komisioner KPU, Wahyu Setiawan dan kader atau caleg dari PDIP Harun Masiku (HAR) sebagai tersangka kasus suap terkait dengan penetapan anggota DPR RI terpilih 2019-2024.

Selain dua orang tersebut, KPK juga menetapkan dua tersangka lainnya, yaitu mantan anggota Badan Pengawas Pemilu atau orang kepercayaan Wahyu, yang berinisial ATF dan SAE dari unsur swasta.

Seperti yang telah diungkapkan oleh Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar saat jumpa pers kemarin (Kamis, 09 Januari 2020) di gedung KPK Jakarta.

“Setelah melakukan pemeriksaan dan sebelum batas waktu 24 jam sebagaimana diatur dalam KUHAP, dilanjutkan dengan gelar perkara, KPK menyimpulkan adanya dugaan tindak pidana korupsi menerima hadiah atau terkait penetapan anggota DPR RI terpilih Tahun 2019-2024,” ungkapnya.

Reporter : Putri.

No comment for Gedung KPK Dan DPP PDIP Digeruduk Massa PAHAM Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *