Menu Click to open Menus
Home » Berita » Gunung Bromo Meletus Sore Hari Pengunjung Dievakuasi

Gunung Bromo Meletus Sore Hari Pengunjung Dievakuasi

(213 Views) July 19, 2019 8:50 pm | Published by | No comment

Malang – Headline News – Kabupaten Malang banjir lahar dingin karena Gunung Bromo meletus. Lahar dingin menerjang Desa Ngadas Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang.

Seperti video yang terekam menujukkan banjir lumpur atau lahar dingin yang bercampur abu vulkanik di lautan pasir Bromo beredar.

Sementara Kepala Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Mujianto mengatakan, situasi dan kondisi di Desa Ngadas masih cukup aman terkendali.

“Malam ini langit cerah. Hujan abu juga tidak ada. Karena sempat tertiup angin ke barat daya dan selatan,” terang Mujianto.

Abu vulkanik Gunung Bromo meletus menuju arah malang. Selain itu lahar dingin mengalir sejak Jumat (19/7/2019) sore. Malang hujan abu tipis.

Humas Taruna Siaga bencana (Tagana) Kabupaten Malang Ali Usman mengatakan bahwa pihaknya mencatat setidaknya ada dua wilayah di Kabupaten Malang terkena semburan abu vulkanik Gunung Bromo yang memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut.

“Berdasarkan laporan awal ada hujan abu di Desa Gubuklakah, dan Dusun Drigu Poncokusumo,” kata Ali, Jumat malam.

Meskipun di dua wilayah di Kabupaten Malang tersebut terkena hujan abu vulkanis dari Gunung Bromo, volume abu masih bisa dikatakan tipis.

Desa Gubuklakah terletak di wilayah Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, yang kurang lebih berjarak kurang lebih 14,4 kilometer. Sementara Dusun Drigu Desa Poncokusumo Kabupaten Malang, memiliki jarak kurang lebih 20 kilometer.

Erupsi Gunung Bromo yang terjadi kurang lebih pukul 16.37 WIB tersebut, terjadi selama tujuh menit 14 detik. Erupsi tersebut terekam pada seismograf dengan amplitudo maksimum 37 milimeter.

Namun, tinggi kolom abu vulkanik Gunung Bromo hingga saat ini tidak bisa terdeteksi akibat cuaca di lokasi tertutup kabut pada saat terjadi erupsi. Saat ini status Gunung Bromo berada pada Level II (Waspada), dan masyarakat sekitar serta wisatawan tidak diperbolehkan mendekat dengan radius satu kilometer dari kawah.

Repoter : Nchy

Categorised in: ,

No comment for Gunung Bromo Meletus Sore Hari Pengunjung Dievakuasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *