Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Kadindik : Dana BOS Dan BOPDA Akan Diturunkan Untuk Sekolah Swasta

Kadindik : Dana BOS Dan BOPDA Akan Diturunkan Untuk Sekolah Swasta

(266 Views) July 3, 2019 11:01 am | Published by | No comment

JAKARTA, INDONESIA HEADLINE NEWS – Aksi demo ribuan guru dan kepala sekolah swasta di Balai Kota Surabaya bertujuan untuk meminta Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Ikhsan mundur dari jabatannya.

Mereka mengaku sudah tiga tahun ini kebijakan Dindik Surabaya itu tak berpihak kepada sekolah swasta. Bahkan, teriakan minta Kadindik Surabaya Ikhsan meletakkan jabatan itu menjadi seruan mereka saat demo.

Tidak hanya disitu, saat perwakilan kepala sekolah swasta melalui Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) ditemui Kepala Beppeko Eri Cahyadi dan Kepala BPB Linmas Eddy Kriatyanto di lantai dua Balaikota Surabaya, mereka juga mendesak Ikhsan mundur.

“Kami sudah bersabar tiga tahun, kami kekurangan murid. Kebijakan Dindik menambah pagu SMP Negeri tahun ini makin menyulitkan kami. Sebaiknya Pak Ikhsan Legowo mundur. Kami ingin Kadindik baru,” kata Imam Safari, Korlap aksi guru sekolah swasta.

Kepala BPB Linmas Eddy meminta kesediaan Ikhsan untuk merespon tuntutan mundur kepala Dindik yang sudah lama menjabat itu.

“Silakan kalau Pak Ikhsan berkenan menyampaikan. Sebab ini hak pribadi dan tanggung jawab Pak Ikhsan kepada Walikota,” kata Eddy yang sekaligus moderator aksi ini.

Saat diberi kesempatan bicara, Ikhsan menolak menyinggung soal tuntutan mundur dari jabatannya itu. Dia hanya menjawab terkait kekhawatiran keberlangsungan SMP Swasta karena tidak ada murid, tetap akan diberi Bopda.

“Dalam simulasinya, biaya operasional per siswa per tahun adalah Rp 5 juta. Kami akan gabung BOS dan Bopda. Nanti ada tim kecil yang khusus membahas bantuan untuk sekolah swasta ini,” kata Ikhsan didepan massa aksi demo.

Ikhsan juga menjelaskan rencana bantuan Bopda untuk sekolah swasta. Namun para guru bereaksi bahwa mereka butuh murid, bukan Bopda.

Seusai menemui massa, Ikhsan kembali ke Balaikota. Namun ketika awak media meminta konfirmasinya terkait tuntutan massa yang memintanya mundur, Ikhsan tidak bereaksi.

“Ada-ada saja. Tidak lah,” sahut Ikhsan singkat.

Ketua MKKS SMP Swasta Erwin Darmogo juga mengakui bahwa rekan-rekannya menghendaki ada kepala Dindik baru.

“Ini mendesak karena menyangkut hajat hidup orang banyak,” kata Erwin.

Wiwik, salah satu kepala sekolah swasta di Surabaya Timur berpendapat bahwa kondisi swasta yang minus murid karena juga karena ketidakmampuan komunikasi Dindik dengan swasta.

Para Guru mendesak Kepala Dindik Surabaya untuk menunjukkan bukti kalau penambahan pagu itu atas persetujuan Kemendikbud seperti yang dikatakannya.

Dilokasi yang sama, Kepala Beppeko Eri Cahyadi tetap berharap agar tidak ada perbedaan SMP Negeri dan swasta.

“Semua Program pendidikan harus tetap berjalan dan berimbang,” tandas Eri. (putri).

Tags:
Categorised in:

No comment for Kadindik : Dana BOS Dan BOPDA Akan Diturunkan Untuk Sekolah Swasta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *