Menu Click to open Menus
Home » Berita » Hukum » kisruh Sengketa Tanah,Warga Gununganyar Sawah Pertanyakan Legalitas Tanah BKD

kisruh Sengketa Tanah,Warga Gununganyar Sawah Pertanyakan Legalitas Tanah BKD

(671 Views) June 17, 2019 7:53 pm | Published by | No comment

Surabaya – Headline News – Pemkot melalui pihak Kecamatan Gununganyar, Senin (11/1) melakukan sidak ke kampung Gununganyar Sawah untuk melakukan tinjauan lahan seluas 570 m2.

Kedatangan para pejabat Kecamatan dan Kelurahan ke lokasi yang kini telah menjadi perkampungan membuat warga was-was, jika nantinya akan ada penggusuran.

Informasi dilapangan menyebutkan, kedatangan para pejabat Pemkot ini bertujuan melakukan pengecekaan lahan di wilayah RT.05/RW.04 yang kabarnya dalam gugatan pemilik lahan.

Namun, pada sisi yang lain warga menduga jika Pemkot bermaksud mencaplok lahan yang ditempati warga dengan mengklaim tanah BKD.

“Kalau benar tanah BKD Pemkot bisa menunjukkan legalitasnya, karena kita sudah menempati lahan ini sejak lama, tidak ada masalah. Dan baru kali ini ada klaim tanah BKD,” terang Karmuji, Ketua RT.05 kepada jurnalis.

Dikatakannya, warga kuatir jika pelepasan lahan ini ada kepentingan tertentu. Sebab, sebelumnya tidak dilakukan sosialisasi.

“Kalaupun pemkot mengatakan tanah BKD, warga minta diperhatikan masalah kompensasinya, tidak asal gusur. Warga khawatir jika nantinya ada petugas yang datang dan menyuruh warga tanda-tangan persetujuan. Intinya kita ingin kejelasan dari Pemkot dengan adanya pertemuan untuk sosialisasi,” tambahnya.

Warga, lanjut Karmuji sebetulnya tidak keberatan untuk membeli lahan tersebut dengan harga NJOP.

“Kita bersedia mengganti lahan ini sesuai dengan NJOB, karena kita penduduk asli Gununganyar yang sudah menempati puluhan tahun. Sebab itu Pemkot jangan asal gusur, kami siap membawa masalah ini ke dewan untuk perjuangkan keinginan warga,” sambungnya.

Pengamatan dilapangan, lahan seluas 570m2 ini menjadi perkampungan padat penduduk yang masuk wilayah RT.05 dan RT.02/RW.04. Bahkan, sebagaian lahan yang berada di RT.02 menjadi hak milik H.Sudi. “Batas-batas tanah BKD warga sudah mengetahuinya, kalau sekarang dipermasalahkan, warga berhak menanyakan ke Pemkot. Dan bahkan sebagain lahan disini milik H.Sudi,” sambungnya lagi.

Secara terpisah, Camat Dewanto dikonfirmasi masalah tersebut mengatakan jika lahan tersebut dalam masalah gugatan pihak lain. “Kalau kita dikatakan akan ada penggusuran tanpa sosialisasi itu tidak benar mas, kita datang untuk melakukan pengecekan lahan,” pungkas Dewanto.

Reporter : Heru

Categorised in:

No comment for kisruh Sengketa Tanah,Warga Gununganyar Sawah Pertanyakan Legalitas Tanah BKD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *