Menu Click to open Menus
Home » Berita » Hukum » Memahami UU ITE Berada Didalam Genggaman Generasi Penerus Bangsa

Memahami UU ITE Berada Didalam Genggaman Generasi Penerus Bangsa

(304 Views) July 20, 2019 8:19 pm | Published by | No comment

Surabaya – Headline News – Sebagai Nara Sumber dari  Lawyer & Legal terhadap Seminar Nasional Peran Milineal Dalam Memahami UU ITE & Melawan Penyebaran Berita Hoax ( Bohong ),

Menurut  Rohman Hakim SH,MH Ssos MM mengatakan ,bahwa apa yang dilakukan oleh Mahasiswa Kartini 

Sangat mendukung sebagai bentuk pencerahan bagi kalangan mahasiwa sebagai penerus bangsa, dalam menyikapi transaksi percakapan di dunia maya. Selain itu, masih banyak para mahasiswa dan masyarakat  yang belum mengetahui tentang produk hukum UU ITE.

Sebagai Mahasiswa harus cerdas dalam menggunakan media sosial. Karena, media sosial ini ada bentuk positif dan negatif,” ujarnya.

Penyuluhan yang dilakukan pihaknya menerangkan kepada Mahasiswa untuk mengetahui kebenaran saat menerima broadcast sebelum menyebarkan kembali kepada orang lain. Pasalnya, selama ini berita hoaks tersebar berdasarkan kecepatan daripada kebenarannya.

“Para mahasiswa harus tahu juga dampak dari menyebarkan isi informasi yang diterima sebelum disebarkan. Karena, kalau isi informasi yang disebarkan positif akan berdampak manfaat yang sangat baik. Namun kalau isi informasi itu tidak benar. Penyebarnya akan mendapatkan jeratan hukum. Kenapa bisa terjadi?. Karena minimnya pemahaman aturan hukum .

Dimana  cara bijak menggunakan intetnet itu, bagaimana para pengguna internet bisa menggunakan internet itu untuk yang positif dan bermanfaat. Sehingga, perlu pemahaman 

“Banyak berita hoaks yang setiap tahun meningkat.  sangat mengapresiasi kepada para mahasiswa Universitas Kartni surabaya yang melakukan seminar  UU ITE. Dikarenakan penyuluhan tersebut sangat bermanfaat untuk mahasiswa .

kita jadi tahu soal hukuman jika menyebarkan berita bohong dan pesan-pesan yang bersifat memancing kebencian, akan mendapatkan hukuman yang tinggi dan denda yang cukup besar,” tandasnya. 

Harapan  Rohman kepada Mahsiswa , Generasi muda adalah generasi penerus Bangsa dan calon pemimpin Bangsa agar menjadi Generasi Milioner yang bertanggung jawab terhadap dirinya dan hukum maka pemahaman dan Motivasi belajar hukum yang baik dan benar serta bangga akan menggunakan media sosial yang benar dan baik , pemikiran yang Positif , kedepannya kita akan bekerja sama dengan Polda Jatim rencana dengan Kopertis melalui Safari Hukum Sejawa Timur. ” tutur Rohman .

Beda Dengan Nara Sumber Efendi SH, selaku Pimpinan Direktur dari Media Onlen Mengatakan,” Pada intinya agar generasi muda agar lebih teliti terhadap berita berita yang masuk harus dibaca dan disaring  terlebih dahulu sebrlum diser untuk mengantisipasi berita hoax karena itu sangat penting dan kita semua tidak terjerat dalam Undang Undang ITE .

Karena ditahun Milinial ini harus memahami berita Hoax untuk meminimal lisir sehingga kedepan lebih gampang membedahkan mana yang baik dan benar . ” tutur Efendi Di hadapan Mahasiswa .

Selaku Wakil Dekan daari Universitas Kartini yaitu Poernomowati,S.H., M.M., M.H mengatakan ,” Bahwa Seminar Ini merupahkan agenda rutin setiap mahasiswa semestet akhir untuk mengadakan seminar nasional pengganti  KKN.

Agar wawasan mahasiswa semakin luas dan bisa menyampaikan kepada masyarakat terutama pada ibu ibu rumah tangga sebagai mahasiswa kalau bisa jangan hanya S1 saja tetapi kalau bisa mencari Ilmu yang lebih tinggi yang nantinya sebagai generasi bangsa yang bermanfaat dan berguna untuk negara Indonesia. ” Ucap wakil dekan.

Acara Seminar Ini sangat di dukung oleh Mahasiswa Universitas Kartini salah satunya Farid Mahasiswa Semester Akhir , memang kita Membuat Seminar Nasional ini sebagai Pengganti KKN karena Mayoritas  Mahasiswa di sini Kebanyakan Bekerja pada intinya bekerja sambil kuliyah , insya Allah setelah Lulus nanti saya akan membagikan ilmu yang saya dapatkan agar bermanfaat bagi masyarakat.tutur Farid kepada wartawan.

Reporter : Sri Rahayu

Categorised in: ,

No comment for Memahami UU ITE Berada Didalam Genggaman Generasi Penerus Bangsa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *