Menu Click to open Menus
Home » Berita » Jendela Nusantara » Mulai Hari ini Sophia dari NTT Siap Menemani Anda Dalam Bergoyang Dipesta Anda

Mulai Hari ini Sophia dari NTT Siap Menemani Anda Dalam Bergoyang Dipesta Anda

(449 Views) June 20, 2019 3:46 am | Published by | No comment

Kupang – Headline News – Tahukah anda kalau ada minuman tradisional masyarakat NTT yang kadar alkoholnya bisa mencapai 40 persen.

Di Provinsi NTT, minuman kadar alkohol 40% itu umum terkenal dengan nama Sophia .

Minuman yang bernana Sophia itu ahkirnya diluncurkan secara terang terangan oleh Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang yang berkolaborasi dengan resmi dengan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur dan investasi dari pihak swasta.

Riset minuman beralkohol itu dilaksanakan hampir selama 1 tahun ini yang digelar di UPT Laboratorium Riset Terpadu Biosain Undana, dan di luncurkan secara resmi pada hari Rabu tanggal 19/6/2019.

Sejumblah pejabat nampak hadir dalam peluncuran itu seperti Gubernur NTT, Viktor B. Laikodat; Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi; Rektor Undana, Fredrik L. Benu; Komandan Lanud El Tari Kupang, Kolonel Pnb Agus Setiawan; Komandan Lantamal VII Kupang Brigjen TNI (Mar) Kasirun Situmorang; dan sejumlah pejabat lainnya dari lingkup pemerintah provinsi NTT dan juga Undana.

Rektor Undana, Fredrik L. Benu menjelaskan bahwa pihaknya akan meluncurkan 3 tipe Sophia, dengan varian kadar alkohol yang bertingkat, dari 20 persen, 30 persen, hingga 40 persen.

Sampai saat ini, baru 2 tipe Sophia yang diluncurkan, yaitu warna merah dan putih, di mana Sophia yang berwarna putih berkadar alkohol 40 persen, sementara kadar alkohol Sophia berwarna merah di bawah 40 persen.

Fredrik menjelaskan bahwa Universitas memiliki tanggung jawab moril terhadap pembangunan masyarakat, yang mana Universitas harus menjadi menara air yang menyejuhkan semua persoalan yang ada di masyarakat.

“Selain itu, saya sebagai pemimpin Universitas yang berstatus sebagai Badan Layanan Umum mempunyai kontrak kinerja dengan menteri yang harus saya penuhi. Salah satu kontrak kerja yang harus saya penuhi ialah bahwa tahun ini saya wajib menghasilkan produk inovasi yang siap untuk dikerjasamakan dengan pihak swasta untuk dikomersilkan,” ujarnya.

Sophia merupakan bentuk pemenuhan kontraknya dengan menteri pendidikan yang telah ditanda tangani oleh Fredrik di atas meterai.

“Kami sebenarnya hanya bertugas untuk menghasilkan suatu out put produk yang benar-benar berkualitas, tetapi soal bisnis untuk produk dipasarkan, itu bukan tanggung jawab kami,” jelasnya.

Dia juga memaparkan bahwa dalam prosesnya, bahan baku akan dikumpulkan dari masyarakat oleh pihak swasta, lalu setelah itu, di laboratorium dibuang kandungan metanolnya dan hanya tertinggal kandungan etanolnya untuk dikonsumsi.

“Kalau produk luar, kandungan metanolnya masih tinggi, dan itu berbahaya untuk kesehatan. Jangan dilihat bahwa sopi kepala bakar menyala, tetapi (sebenarnya) itu mengandung metanol yang berbahaya untuk ginjal. Sehingga kami bertanggung jawab untuk menghasilkan kualitas yang baik,” tegasnya.

Viktor Laiskodat sang Gubernur NTT mengatakan bahwa Sophia merupakan sebuah produk hasil riset terbaik yang dikeluarkan oleh Undana saat ini.

“Dalam teori kolabioratif, perguruan tinggi, pemerintah, pengusaha dan masyarakat serta lembaga keuangan hari ini semuanya lengkap berada di sini. Kita patut berbangga dan berterima kasih kepada Undana yang sudah melakukan sebuah langkah terobosan yang sangat besar untuk itu,” tuturnya.

Gubernur NTT ini juga menjelaskan bahwa Sophia yang diolah oleh Undana merupakan hasil dari Sopi atau minuman tradisional beralkohol lainnya yang diproduksi oleh masyarakat NTT.

“Mereka (masyarakat) tetap kerja seperti biasa, karena ini memang diambil dari mereka lalu kita upgrade, diteliti di sini (Undana). Pengusaha akan kumpulkan (Sopi) di daerah, akan beli dari seluruh masyarakat dan akan kita lanjutkan proses selanjutnya,” katanya.

Ia juga mengatakan bahwa pemerintah sedang menyiapkan aturan regulasi yang baik dan benar terkait minuman tersebut.

Reporter : Riana

Categorised in: , ,

No comment for Mulai Hari ini Sophia dari NTT Siap Menemani Anda Dalam Bergoyang Dipesta Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *