Menu Click to open Menus
Home » Berita » Saksi dan Bukti Sangat Lemah Kemungkinan Besar Gugatan 02 Ditolak MK

Saksi dan Bukti Sangat Lemah Kemungkinan Besar Gugatan 02 Ditolak MK

(205 Views) June 24, 2019 8:13 am | Published by | No comment

Jakarta – Headline News –  Berdasarkan jalannya sidang Gugatan pemilu di MK yang sudah berlangsung selama ini, pihak dan pakar hukum memprediksi majelis hakim Mahkamah Konstitusi (MK) akan menolak gugatan BPN Prabowo Subianto-Sandiaga Uno terkait sengketa dan kecurangan­ pada Pemilihan Presiden 2019.

Dari Keterangan Ahli hukum tata negara, Feri Amsari, menyatakan alat bukti dan saksi yang dihadirkan tim hukum Prabowo-Sandi selama persidangan di MK pekan lalu belum kuat membuktikan kecurangan terstruktur, sistematis, dan masif (TSM) seperti didalilkan kubu 02 selaku pemohon.

“Saya melihat perkara ini dari alat bukti. Sejauh ini alat buktinya tidak kuat,” kata Direktur Pusat Studi Konstitusi Fakultas Hukum Universitas Andalas ini, kemarin.

Di persidangan pun hakim tidak menemukan dalil pemohon terkait 17,5 juta pemilih ganda dalam DPT atau P-155. “Soal penggelembungan 17,5 juta DPT, faktanya bukti P-155 tidak ada. Hakim mencoba menelusuri apakah DPT ganda dipakai untuk memilih sehingga timbul kecurangan, saksi menjawab tidak. Jadi, selesai.”

Seorang Ahli hukum tata negara lainnya yaitu Bvitri Susanti, juga menilai kubu Prabowo-Sandi tidak fokus membedah perselisih­an suara C1 plano yang didalilkan.

Dalam pengamatan Bvitri, saksi yang dihadirkan justru lebih banyak membahas kerentanan Situng dan permintaan audit forensik IT KPU.

“Saksi kurang strategis, banyak fokus di Situng yang katanya penuh kecurangan. Padahal, hakim sudah mengklarifikasi bahwa Situng bukan penetapan hasil pemilu. Penetapan itu berdasarkan penghitungan manual berjenjang,” ujar Bvitri.

Sedangkan Ketua Konstitusi dan Demokrasi (Kode) Inisiatif, Veri Junaidi, pun juga menyatakan  sependapat bahwa majelis hakim akan menolak gugatan sengketa pilpres yang diajukan kubu Prabowo-Sandi tersebut.

“Kalau membaca permohonan dan saksi, saya tidak yakin ada bukti kuat pelanggaran TSM. Jika terjadi kecurangan TSM, ada keterkaitan antara kesaksian di satu masalah dan masalah lain. Apakah ada ketersambungan antara satu kejadian dan kejadian lain?” ungkap Veri.

Reporter : Luq

Categorised in: , ,

No comment for Saksi dan Bukti Sangat Lemah Kemungkinan Besar Gugatan 02 Ditolak MK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *