Menu Click to open Menus
Home » Berita » Suhu di NTT Mencapai 10 – 13 Derajat Celcius

Suhu di NTT Mencapai 10 – 13 Derajat Celcius

(244 Views) June 24, 2019 1:33 am | Published by | No comment

Kupang – Headline News – Berita BMKG Stasiun El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) menghimbau supaya masyarakat mewaspadai akan mewabahnya peningkatan penyakit pernapasan.

Hal ini dikarenakan meningkatnya suhu dingin yang terjadi daerah itu sejak lima hari terakhir.

Saat ini saja suhu di wilayah NTT bisa mencapai 10-13 derajat celcius pada malam hari dan 19-22 derajat celcius pada siang hari.

Suhu dingin ini diperkirakan akan berlangsung terus sampai Agustus 2019 kedepan.

“Wasapadai potensi peningkatan penyakit pernafasan yang diakibatkan virus atau bakteri. Kulit dan bibir menjadi kering atau pecah-pecah,” kata Prakirawan BMKG Stasiun El Tari Kupang, Nanik Trenawasti di Kupang, Minggu (23/6).

Hal ini disebabkan oleh Fenomena yang disebut Monsoon Dingin Australia, yaitu tekanan udara tinggi datang dari daratan Australia akan tetapi wilayah daratan Asia mengalami tekanan udara rendah yang begitu drastis sehingga memaksa udara bergerak dari Australia ke Asia dengan membawa massa udara kering dan dingin melewati wilayah Indonesia.

Selanjutnya di wilayah Indonesia secara umum dan wilayah NTT secara khusus mengalami tutupan awan yang relatif sedikit. Sehingga pantulan sinar matahari yang mengenai bumi tidak tertahan oleh awan dan langsung terbuang atau hilang ke angkasa.

Nanik juga menjelaskan kalau kandungan air di dalam tanah menipis dan kandungan uap air di udara juga rendah dan menyebabkan kelembaban udara cenderung rendah selama musim kemarau.

“Pada malam hari, gunakan pakaian atau selimut yang tebal, menggunakan krim pelembab kulit supaya kulit tidak terlalu kering, dan mencukupi kebutuhan cairan supaya tidak dehidrasi,” jelas Nanik.

Reporter : Nchy

Categorised in: ,

No comment for Suhu di NTT Mencapai 10 – 13 Derajat Celcius

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *