Menu Click to open Menus
Home » Headline » Tim GARDA Nusantara Temukan Anak Terlantar di Terminal Kampung Rambutan

Tim GARDA Nusantara Temukan Anak Terlantar di Terminal Kampung Rambutan

(151 Views) April 22, 2020 11:25 pm | Published by | No comment

JAKARTA, HEADLINE NEWS – Ditengah lakukan kegiatan penyemprotan disinfektan bersama Gerakan Rakyat Peduli Bangsa (GRPB) di terminal Kampung Rambutan, untuk mencegah penyebaran virus Corona, tim GARDA Nusantara (GN) menemukan seorang gadis Cilik berusia sekitar 14 tahun sedang duduk bersama petugas dishub terminal. Rabu (22/04).

Menurut penuturan gadis Cilik itu, dia kabur dari rumah dimana ia selama kurang lebih 2,5 tahun dipekerjakan tanpa digaji, karena sudah tidak tahan lagi dengan perlakuan kasar sang majikan.

“saya kabur dari rumah tempat saya bekerja, saya sering dipukulin tanpa sebab, dan dicubit hingga memar, bahkan juga suka disundut pake rokok. Saya mau pulang saja ke Siantar, saya nggak mau kembali lagi ke rumah itu,” ujarnya sambil menunduk menahan isak tangisnya.

Singkat cerita, seperti yang telah diungkapkan gadis Cilik itu sebut saja Bunga (red, bukan nama sebenarnya), bahwa ia berasal dari daerah Siantar, ayahnya sedang dalam kasus hukum, dia tinggal bersama ibu tiri nya, namun disana dia mengalami perlakuan buruk baik dari ibu tirinya juga dari pamannya. Akhirnya, dia diajak ke Jakarta oleh salah satu kenalan dari ibu tirinya, dan disana disuruh mengerjakan pekerjaan rumah yang tak layak dilakukan oleh anak seumuran dia. Dan perlakuan yang sama juga dialaminya, dia sering dipukuli oleh keluarga yang diikutinya ini.

Mendengar semua penuturannya itu, tim GARDA Nusantara merasa iba, lalu memutuskan untuk menolongnya. Sebagai langkah awal, tim GN mencoba menelusuri keberadaan tempat tinggal si Bunga yang berada di wilayah Pondok Gede.

Karena tim GN tak ingin mendapatkan tuduhan penculikan, maka berniat melaporkan perihal ditemukannya gadis Cilik ini ke Polsek Pondok Gede. Namun pihak kepolisian (Polsek Pondok Gede) menunjukkan sikap tak bersahabat dan tak mau menerima laporan tersebut dengan alasan bukan ranah mereka. Tapi kemudian tim GN diarahkan untuk menemui Binmaspol.

Tim GARDA Nusantara bersama Gadis Cilik “Bunga” dan Bapak Mintra selaku BINMASPOL wilayah Pondok Gede.

Setelah tim GN berhasil menemui Binmaspol bernama Mintra (tertera di baju seragamnya), dimana saat itu sedang berada dikawasan perbelanjaan di Jatirahayu bersama tim POKDAR wilayah Pondok Gede. Kemudian tim GN mengutarakan maksud kedatangannya. Dan setelah mendengarkan penuturan tersebut, Binmaspol bersama tim POKDAR mengajak tim GN ke kantor Kelurahan setempat untuk membicarakan lebih lanjut terkait penemuan gadis cilik (Bunga, red) ini bersama Perangkat Desa terkait.

“Kami merasa kasihan dengan keadaan gadis cilik ini, dan kami ingin membantunya,” ujar Andre Wardana selaku Ketua GARDA Nusantara (GN).

Selanjutnya, pihak Binmaspol dan perangkat desa setempat (Lurah, RT, dan RW) memutuskan untuk menitipkan Bunga kepada tim GARDA Nusantara agar dibawa ke tempat yang aman untuk sementara waktu, dengan syarat mereka akan tetap bisa memantau kondisi Bunga. Selanjutnya, akan dikembangkan penelusuran mengenai identitas dan asal-usul keluarga Bunga sebenarnya.

“Kami akan membawa Bunga ke tempat yang aman untuk sementara waktu, yakni sebuah Yayasan Perlindungan Anak. Biar anak ini terbebas dulu dari tangan-tangan jahat mereka yang selalu perlakukan anak ini dengan kasar, yang tak layak dilakukan pada anak seusia dia, yang mana seharusnya berada dalam perlindungan, kasih dan perhatian sebuah keluarga,” ungkap Donatus alias Doni, sekjen GARDA Nusantara.

Hingga berita ini diturunkan, gadis cilik (Bunga, red) akan tetap dalam pengawasan dari pihak Binmaspol maupun perangkat desa wilayah Pondok Gede (lokasi tempat Bunga sebelumnya). Dan selanjutnya akan dilakukan penelusuran tentang asal-usul atau identitasnya. (put/zak).

No comment for Tim GARDA Nusantara Temukan Anak Terlantar di Terminal Kampung Rambutan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *